Jumat, 01 Maret 2013

Peringatan Hari Anti-Perbudakan Internasional

Ketika itu bertanggal 2 Desember 2012, yang kebetulan bertepatan di hari Minggu yang cerah kita mempersiapkan sesuatu di Car Free Day Dago. Kain putih panjang terbentang, genset dan amplifier kecil kita panaskan dan foto mulai kita pajang. Tidak banyak yang tahu, hari itu merupakan Hari Penghapusan Perbudakan Internasional dan oleh karena itu kita berada di CFD untuk coba memperingatinya sambil mempropagandakan itu kepada para pengunjung.



Berbekal genset pinjaman dari teman kita Pray, amplifier dan mic pinjaman BCCF, foto dari Airphoto Network juga kain putih hasil udunan kita ingin mencoba kampanye sederhana ini terlihat lebih menarik. Makin siang, jumlah pengunjung CFD makin banyak dan kitapun mulai kampanye kecil-kecilan itu dan tim FightBDG serempak untuk memakai kaos putih. Beberapa pengunjung kita tarik dan diajak untuk berbincang seputar perbudakan itu sendiri. Setelah itu, mereka dianjurkan untuk menandatangani sebuah petisi dukungan penghapusan perbudakan yang juga mereka disuruh menuliskan produk favorit mereka yang tentunya harus mereka yakin bahwa merk/favorit mereka tidak melibatkan perbudakan. Dan ternyata, masih banyak orang-orang yang tidak tahu bahwa produk favorit mereka sudah melibatkan sebuah rantai perbudakan atau bahkan mereka sendiri tidak tahu bagaimana perbudakan itu terjadi.



Dalam kampanye kecil ini, kita coba memberi pesan kepada masyarakat untuk mereka membuka mata bagaimana perbudakan itu bisa terjadi yaitu salah satunya ketidak pedulian terhadap sekitar. Peduli lingkungan sekitar bukan berarti kita hanya harus peduli terhadap lingkungan hijau tetapi juga pada sesama manusia. Sesuatu yang mudah dimulai dari diri sendiri, bukan? Jangan ragu untuk menegur seseorang yang memperlakukan manusia lainnya tidak wajar seperti kekerasan, karena bisa saja itu adalah awal dari eksploitasi.

Video tentang kampanye ini bisa disaksikan di http://www.youtube.com/watch?v=kR_NAGcTKGo




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar