Senin, 15 Juli 2013

Lihat Sekitarmu! ( How to help Trafficked Person from your own )

Oleh Doni Marmer

Saat ini, sebenarnya korban-korban Perdagagan Orang sangatlah berbaur dalam gaya hidup masyarakat kita. Bisa saja tetangga kita yang ternyata menjadi korban ataupun pelaku Perdagangan Orang. Menurut UNODC kejahatan Perdagangan Orang sangatlah susah untuk dihentikan ataupun diselesaikan dalam waktu yang cepat, sehingga yang kita rasakan adalah ketidak amanan yang semakin merajalela.
Tetapi, bukan berarti kita sebagai masyarakat yang sadar akan adanya kejahatan Perdagangan Orang tidak bisa hanya tinggal diam dan tidak melakukan apa-apa. Selama kita masih menjadi bagian dari komunitas masyarakat dan memiliki kepedulian dengan sekitar kita dan dengan teman-teman kita yang nasibnya kurang beruntung, masih ada yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan menolong korban Perdagangan Orang, yaitu :

1.    Jika ada memperhatikan lingkungan sekitar anda saat ini, dan melihat ada orang yang menurut anda berpotensi merupakan korban Perdagangan Orang, langsung hubungi nomor hotline BNP2TKI ( 0800 1000 ) atau kepolisian setempat, guna untuk melaporkan kecurigaan anda dan meminta bantuan terhadap hal ini.
Ini adalah ciri-ciri korban Perdagangan Orang dan Hasil Eksploitasi yang bisa anda temukan pada umumnya sehingga dapat membantu anda mengidentifikasi korban :
                        Dalam Pekerjaan/Kondisi Kehidupan Sehari-hari
·         Sangat jarang sekali diperbolehkan keluar rumah/keluar tempat dia bekerja, kecuali bersama majikannya atau ada yang mengawasi mereka
·         Selalu mengenakan pakaian yang sama atau yang itu-itu saja setiap harinya tidak perduli cuaca seperti apapun.
·         Tinggal di tempat yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi, seperti di rumah yang memiliki jendela yang tinggi dan dipagari, penjagaan ketat oleh satpam, CCTV, kawat berduri, dsb.
·         Terlihat selalu bekerja sangat berat dan dalam jangka waktu yang tidak biasa, juga berlebihan
                         Kurangnya Pengawasan
·         Tidak memiliki dokumentasi dan tanda pengenal yang jelas, atau dipegang oleh orang lain (contoh : majikan, agensi, dsb)
·         Tidak diperbolehkan berbicara secara pribadi, dan biasanya selalu diwakili oleh pihak ketiga, meskipun kita tidak meminta
                         Kelakuan yang Tidak Normal
·         Ketika berada di tempat umum, terlihat ketakutan yang tidak biasa dan sikap cemas yang berlebihan
·         Selalu berusaha menghindari kontak mata ketika sedang diajak berbicara
·         Tidak mampu untuk menjelaskan di mana alamat dia bekerja atau tinggal
                         Kondisi Kesehatan yang Buruk
·         Terlihatnya ada beberapa tanda kekerasan di tubuhnya, seperti bekas pukulan, luka yang tidak wajar, dsb
·         Kondisi fisiknya yang terlihat kurang gizi dan stress
2.    Sebagai orang-orang yang lebih peduli terhadap kasus-kasus Perdagangan Orang, kampanyekan kepada lingkaran sosial anda bahwa perdagangan orang sangatlah berbahaya, dan cara melawanya adalah dengan memberikan kesadaran dan menjaga orang-orang yang anda sayang.
3.    Pahami bahwa jika anda yang sedang terjebak dengan situasi seperti :
·         Anda sedang dirayu untuk bekerja di luar negeri
·         Atau anda memang mendaftar untuk bekerja di luar negeri dengan menggunakan agen
Dan masih banyak hal lainya yang melibatkan anda terhadap praktik penipuan untuk di trafficking, ingatlah terhadap Safe Migration Conduct, yaitu 3 cara untuk melakukan migrasi yang aman, yaitu
1.    Jangan Buru-buru, banyak bertanya. Apabila anda ditawari pekerjaan atau kesempatan apapun yang melibatkan perpindahan negara ataupun batas area kota anda tinggal
2.    Jangan percaya siapapun. Walaupun orang terdekat atau yang sudah mulai kita percaya, terlebih lagi orang yang baru kita kenal
3.    Jangan menyerahkan barang berharga anda ketika anda diminta untuk memberikan passport, KTP, dokumen-dokumen penting, dan dompet anda.
Ingat, Perdagang orang memang tidak bisa dihentikan dan diberantas secara tuntas, tetapi dengan kita bergerak bersama, kita bisa meredam dan menyelamatkan lebih banyak jiwa yang pelan-pelan jumlahnya akan semakin banyak. Dukung kami FIGHT.BDG untuk terus mengkampanyekan gerakan anti-human trafficking secara bersama-sama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar